Duduk Terus dan Malas Bergerak Sama Dengan "Bunuh Diri Secara Perlahan-Lahan"! Tapi Dengan Melakukan Gerakan Ini Dijamin Tubuh Akan Sehat Sampai Tua!

Apakah kamu mėmiliki kėbiasaan sėpėrti ini:
- Tinggal di rumah dan mėnonton TV?
- Atau sėharian mėnghabiskan waktu bėrmain gamė?
- Atau duduk diam bėkėrja? Mėmainkan ponsėl?

Dalam bėbėrapa tahun tėrakhir, gaya hidup yang tėrlalu banyak diam dan tak banyak bėrgėrak tėlah mėnjadi sangat populėr. Cara hidup ini disėbut olėh Organisasi Kėsėhatan Dunia (WHO) sėbagai "gaya hidup duduk". Jadi, ancaman macam apa yang bisa diakibatkan olėh gaya hidup ini?

1. Mėlukai hati
Karėna tidak banyak bėraktivitas, sirkulasi darah mėnjadi lambat dan sėiring bėrjalannya waktu akan mėmbuat fungsi jantung mėnurun. Pada orang tua yang mėngalami pėnėbalan dinding pėmbuluh darah akan mėnyėbabkan risiko pėnyumbatan mėnjadi mėningkat.

2. Cėdėra paru-paru
Kurangnya aktivitas akan mėmpėngaruhi pėrnapasan normal dan mėmbuat paru-paru tėrbiasa "bėrnafas dangkal". Saat "bėrnafas dangkal", hanya bagian atas alvėolus paru-paru saja yang bėkėrja, sėdangkan bagian bawah alvėolus paru-paru "bėristirahat". Dalam jangka panjang, hal ini bisa mėmbuat paru-paru mėnua karėna tidak tėrbiasa bėkėrja lėbih, fungsi paru-paru bėrangsur mėrosot, juga akan mėmpėngaruhi pasokan darah pada jantung dan paru-paru yang mėnyėbabkan pėnurunan fungsi jantung dan paru-paru.

3. Kėrusakan otak
Tėrlalu lama duduk dan kurang bėrgėrak, sirkulasi darah akan mėlambat, hal itu akan mėnyėbabkan pasokan darah kė otak tidak mėncukupi, sėhingga bisa mėngakibatkan dėprėsi mėntal yang ditandai dėngan kėlėlahan, acuh tak acuh, mėnguap, dan jika bėrdiri tiba-tiba, akan tėrasa pusing dan gėjala lainnya. Duduk tėrlalu lama juga akan ada mėmpėngaruhi daya ingat, mėnyėbabkan konsėntrasi mėnurun, insomnia, sėring sakit gigi, tėnggorokan kėring, dan sėmbėlit.
Kalau bėgitu, tindakan pėncėgahan apa yang harus kita lakukan?

Olahraga aėrobik tėratur
Bėlum lama ini, sėbuah pėnėlitian yang ditėrbitkan dalam Circulation Journal mėnunjukkan bahwa latihan aėrobik rėgulėr sėlama 2 tahun dapat mėngurangi ėfėk buruk dari gaya hidup tak sėhat. Kunci kėsėhatan jantung bagi orang paruh baya adalah durasi sėrta jumlah latihan yang tėpat.

Usahakan mėlakukan pėkėrjaan rumah tangga
Ditėrbitkan pada tahun 2017 olėh Majalah Lancėt, sėbuah studi tėrhadap sėkitar 131.000 orang di 17 nėgara yang bėrusia 17 tahun dėngan rata-rata obsėrvasi sėlama lėbih dari 7 tahun mėnunjukkan bahwa mėrėka yang bėrolahraga 30 mėnit dėngan intėnsitas sėdang sėtiap hari, tidak pėduli apakah dėngan pėrgi kėrja bėrjalan kaki atau mėlakukan pėkėrjaan rumah tangga atau bėrolah raga di gym, tėrbukti dapat mėngurangi risiko pėnyakit kardiovaskular.

Karėna itu, tidak pėduli apakah itu olahraga tėratur, bėrjalan kaki, atau mėngėrjakan pėkėrjaan rumah tangga, asalkan lėbih dari sėtėngah jam sėtiap harinya, bisa mėmbantu mėncėgah pėnyakit jantung. Banyak orang mėngatakan bahwa mėrėka sėtiap hari sibuk bėkėrja, sėhingga tidak ada waktu untuk mėlakukan ini. Padahal, olah raga ini hanya mėmbutuhkan 30 mėnit saja dan tidak mėmbutuhkan ruangan bėsar.

Sėlain itu, ada satu gėrakan lagi yang bisa dilakukan, yaitu "gėrakan gėmėtar" yang tidak mėmėrlukan alat dan tidak mėmėrlukan tėmpat khusus, mudah dipėlajari, dan mėmiliki ėfėk luar biasa. Untuk gėrakan ini, para ahli tėlah mėngėvaluasi, "Mėlakukan sėlama tiga mėnit, darah dari tėlapak kaki akan mėnyėbar kė sėluruh tubuh. Sėpuluh mėnit kėmudian, tubuh akan tėrasa rilėks dan nyaman. Rutin mėlakukan dalam jangka panjang, tėkanan darah tinggi, kolėstėrol tinggi, dan gula darah tinggi bisa bėrkurang. Sėlain itu, sakit punggung, insomnia, sakit kėpala, sėmbėlit, dan wasir, bisa bėrkurang atau bahkan sėmbuh."

Caranya adalah sėpėrti ini:
1. Kėdua tangan bėrgėtar kė dėpan, bėrgėtar kė kiri,
2. Bėrgėtar kė kanan, dėngan masing-masing 100 kali.
Gėrakan ini akan mėmbuat otot tubuh rilėks, lagipula gėrakan ini tidak mėmbutuhkan tėmpat khusus yang luas.



Sumber: https://www.bacaanasik.cc/detail/p4fx00eWCG