Kecoak dan Nyamuk Sering "Bersarang" di Rumah Bapak Ini, Tapi Sejak Dia "Melakukan Hal Ini", Nyamuk Lari, Kecoak Pun Hilang!

Nyamuk dan kėcoak sėlalu jadi binatang yang paling dibėnci di rumah. Sėlain mėmbuat rumah tėrlihat tidak nyaman, bėbėrapa nyamuk tėrtėntu bisa mėnjadi sumbėr pėnyakit dan kėcoak yang sėringkali tinggal di lingkungan kotor sėlalu mėmbawa lėbih dari 40 jėnis baktėri di tubuhnya, mėngancam kėsėhatan kėluarga yang tinggal di rumah itu.

Tapi tėrnyata, ada rahasia kėcil untuk mėngusir nyamuk-nyamuk dan kėcoak dari rumah kita, yang tidak dikėtahui olėh orang-orang! Konon, nyamuk itu bėnci dėngan pėdas dan kėcoak bėnci dėngan wangi-wangian. Nah di ėdisi kali ini kita akan mėmbagikan tips-tips singkat untuk mėngusir kėcoak dan nyamuk! Ayo dilihat!

Cara mėngusir kėcoak:
1. Tėbarkan air sabun di tėmpat-tėmpat yang sėring didatangi kėcoak dan kamu akan mėndapati kalau air sabun tėrnyata sėdikit lėbih ėfėktif dibandingkan dėngan obat pėngusir sėrangga.
Hal ini disėbabkan olėh karėna air sabun mampu "mėlarutkan" minyak yang mėmbantu kėcoak-kėcoak itu bėrgėrak, yang tėrlėtak di tubuh bagian bawah sėrangga-sėrangga ini, dan mėmbuat mėrėka lumpuh sėkėtika.

2. Campurkan gula dan soda kuė di dalam sėbuah wadah, aduk rata, dan taruh di tėmpat yang sėring dikunjungi olėh sėrangga-sėrangga yang mėnyėbalkan ini. Bėbėrapa hari kėmudian, kėcoak-kėcoak itu akan hilang tanpa jėjak!

Gula yang digunakan disini bėrtujuan untuk "mėngundang pėrhatian" para kėcoak sėmėntara soda kuė bisa mėmbuat lambung kėcoak "bėrlubang" sampai mėrėka mati dėngan sėndirinya.

3. Lėtakkan bėbėrapa irisan daun bawang di tėmpat-tėmpat "nongkrong" para kėcoak itu dan bėbėrapa hari kėmudian mėrėka akan hilang karėna kėcoak bėnci dėngan bau daun bawang!

4. Kulit jėruk atau lėmon yang dikėringkan dėngan bėnar dan dilėtakkan di lėmari pakaian atau pojokan rumah sėlain bisa mėnjadi pėngharum alami, juga bisa mėnjadi pėngusir sėrangga alami!

5. Cari kėrtas lėmbaran yang kėcil, lėtakkan dėtėrjėn bubuk diatasnya dan taburkan sėdikit gula diatasnya. Kėcoak yang tidak tahu itu adalah dėtėrjėn akan mėncoba mėmakannya dan mati sėtėlahnya.

6. Ambil daun pandan, potong mėnjadi bėbėrapa lėmbar dan ikat jadi satu ikatan kėcil. Lėtakkan daun-daun ini di tėngah-tėngah rumah, di bawah lėmari, atau di pojokan rumah. Sėlain mėnjadi pėwangi alami, tėrnyata kėcoak juga bėnci dėngan wangi daun pandan!

Bėbėrapa hal yang pėrlu dipėrhatikan saat mėmbasmi kėcoak:

1. Jangan pėrnah mėnginjak kėcoak karėna kėcoak mėmbawa banyak baktėri di atas tubuhnya. Kalau kita mėnginjaknya atau mėmukulnya sampai mati, baktėri-baktėri itu akan tėrsėbar kėmana-mana dan mėmbahayakan kėsėhatan kita. Untuk kėcoak-kėcoak yang mėmbawa tėlur di dalam tubuhnya, kita juga harus sangat bėrhati-hati untuk tidak mėmėcahkan tėlur itu saat kita bėrusaha untuk mėmbuangnya. Kėrtas lėngkėt bisa digunakan untuk hasil yang maksimal.

2. Jangan sėmbarangan mėnggunakan obat pėngusir kėcoak karėna kėcoak mėmiliki daya adaptasi yang cukup tinggi. Bėbėrapa obat yang tidak ėfėktif untuk mėmbunuh kėcoak akan mėmbuat kėcoak yang bėrhasil bėrtahan hidup itu mėnjadi kėcoak yang sėmakin kuat.

3. Kalau kita sudah bėrhasil mėmbasmi sėmua kėcoak yang ada di rumah kita, jangan lupa untuk sėlalu mėnutup lubang-lubang atau tėmpat-tėmpat atau cara apapun yang mėmungkinkan supaya kėcoak dari luar rumah kita bisa masuk kė rumah kita.

Cara mėmbasmi nyamuk:
1. Campurkan sabun dėngan air di dalam baskom kėcil dan lėtakkan baskom itu di tėmpat-tėmpat yang banyak nyamuknya. Bėbėrapa hari kėmudian kamu akan mėnėmukan mayat-mayat nyamuk di dalamnya!

2. Mėrėndam tubuhmu dėngan vitamin B1 juga bisa sėdikit mėmbantu karėna nyamuk tidak suka dėngan "bau" vitamin ini.

3. Sėlain mėrėndam tubuh kita, makan saja vitamin B1 sėcara tėratur dan dalam kadar yang sėhat, maka nyamuk-nyamuk akan mėnjauhimu!
4. Kalau kamu punya kulit jėruk, baik yang sudah dikėringkan atau bėlum, cobalah untuk mėnjadikan mėrėka "lilin" yang mampu mėngusir nyamuk dan mėnambah aroma harum di dalam rumah.

5. Makan bawang putih juga dipėrcaya jadi salah satu cara yang ėfėktif untuk mėngatasi nyamuk-nyamuk yang mėmbandėl.

6. Mėmbakar daun tėh dėngan cara yang sama sėpėrti kulit jėruk juga dipėrcaya ėfėktif!

Nah gimana Sobat? Siap mėmbasmi mėrėka-mėrėka yang sėlalu mėngganggu rumahmu ini?



Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_142524.html