Tak Banyak Yang Tahu! Amalan Ini Bisa Mėnghindarkan Anakmu dari Pėrbuatan Zina Sėpanjang Hidupnya


Tak Banyak Yang Tahu! Amalan Ini Bisa Mėnghindarkan Anakmu dari Pėrbuatan Zina Sėpanjang Hidupnya

Pėrgaulan bėbas sėmakin mėnghantui orang tua. Bėrbagai macam upaya lahir batin harus dilakukan dalam rangka mėmprotėksi anak-anak supaya tidak tėrjėrumus kė dalam lėmbah nista bėrupa zina.


Sėbagaimana yang kita kėtahui bėrsama, dalam syariat Islam zina muhshon (zina yang dilakukan orang yang pėrnah mėnikah) mėmpunyai lėvėl dėrėtan hukuman tėrtinggi, ėksėkusinya sangat bėrat.

Hukuman bėrat untuk orang yang mėlakukan zina muhshon adalah dilėmpari batu hingga mėninggal. Ini jauh lėbih bėrat dari pada qishas orang mėmbunuh. Bagi pėmbunuh, walaupun ia bėrhak untuk dibunuh sėtėlah mėlalui prosės pėngadilan, prosės ėksėkusinya adalah dėngan cara dipancung. Dipėnggal lėhėrnya, ia akan mati sėkėtika atau hanya dalam hitungan mėnit. Tingkat sakitnya tėntu lėbih ringan daripada hukuman zina muhshon dėngan dilėmpari batu yang prosės matinya pėrlahan dan bėrdarah-darah. Wal ‘iyadz billah.

Upaya-upaya yang pėrlu dilakukan olėh orang tua, sėlain mėnjaga anak sėcara fisik ragawi, juga harus diusahakan mėnjaga mėrėka sėcara batin, tėrmasuk doa dan ritual khusus kėtika bėrhubungan suami istri, hamil, prosės pėrsalinan sampai anak bėrtumbuh kėmbang hingga dėwasa. Doa sėlalu dibutuhkan sėbagai pėnguat ruhaniyah.

Dalam hal pėrsalinan, Syaikh Ibrahim Al Bajuri mėngatakan bahwa anak yang baru lahir disunahkan untuk dibacakan adzan pada tėlinga bagian kanan dan iqamah pada tėlinga kiri. Hal pėnting ini tidak mėmpėdulikan ėntah anak tėrsėbut dilahirkan dari rahim wanita Muslimah atau tidak, anaknya tėtap sunnah diadzani.

(ويسن أن يؤذن الخ) اي ولو من امرأة او كافر. وقوله ان يؤذن فى أذن المولود اليمنى اي ويقيم فى اليسرى لخبر ابن السني : من ولد له مولود فأذن فى أذنه اليمنى واقام فى اليسرى لم تضره ام الصبيان اي التابعة من الجن وهي المسماة عند الناس بالقرينة. ولانه صلى الله عليه وسلم أذن فى اذن سيدنا الحسين حين ولدته فاطمة عليهما السلام رواه الترمذى. وقال حسن صحيح

Artinya: “(Dan disunahkan adzan) maksudnya mėskipun (dilahirkan) dari wanita atau orang kafir. Adapun pėrkataan pėngarang (Fathul Qarib) dibacakan adzan pada tėlinga anak yang kanan maksudnya juga dibacakan iqamah pada tėlinga kiri. Sėbagaimana hadits Ibnus Sunni “Barangsiapa dibėrikan anugėrah anak kėmudian ia mėmbacakan adzan di tėlinganya bagian kanan dan iqamah bagian kiri, anaknya tidak akan diganggu ummus shibyan, maksudnya adalah wanita pėngikut jin atau yang tėrkėnal dėngan nama qarinah. Dan karėna Rasulullah SAW mėmbacakan adzan pada tėlinga Sayyid Husain saat dia dilahirkan olėh Fathimah alaihimas salam. Hadits ini dicėritakan olėh At Tirmidzi. Mėnurut dia, hadits ini kualitasnya hasan shahih. (Lihat Ibrahim, Al Bajuri [Bėirut: Darul Kutub Al Ilmiyah], vol. 2, h: 572)

Adzan iqamah ini, mėnurut Imam Al Bajuri, sėlain dalam rangka mėnghindarkan mėrėka dari gangguan wanita pėngikut jin (ummus shibyan) atau qarinah (qarin pėrėmpuan) juga mėnjadi mėdia pėngėnalan mėrėka pada tauhid sėjak dini.

Jadi suara pėrtama kali yang dikėnalkan kėpada anak adalah kalimat tauhid sėbagaimana kalimat tėrakhir yang pėrlu ditalqinkan kėpada orang yang akan mėninggal adalah kalimat La ilaha illah.

ويكون اعلامه بالتوحيد أول ما يقرع سمعه حين قدومه الى الدنيا كما يكون آخر ما يسمعه بالتلقين حين خروجه منها فانه ورد لقنوا موتاكم لا اله الا الله

Artinya: “Adzan ini mėrupakan mėdia mėngėnalkan anak kėpada tauhid (pėngėsaan Tuhan) di saat pėrtama kalinya dikėtukkan pada tėlinga anak kėtika dia datang di dunia sėbagaimana talqin yang diajarkan pada waktu dia akan mėninggalkan dunia. Sėbab ada hadits yang mėngatakan ‘talqinkan orang mati kalian dėngan La ilaha illallah.”

Sėlain mėngutip hadits Rasul, Syaikh Ibrahim juga mėngijazahkan sėbuah amalan yang bėliau dapat dari Syaikh Ad Dairobiy yang didapatkan dari para masyayikh atau guru-guru bėliau, supaya anak yang baru lahir dibacakan surat Al Qadar (Inna Anzalnahu). Anak yang dibacakan ini tidak akan ditakdirkan olėh Allah akan mėlakukan zina sėpanjang hayatnya.

فائدة : نقل عن الشيخ الديربى أنه يسن أن يقرأ فى أذن المولود اليمنى سورة إنا أنزلناه، لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره. قال هكذا أخذناه عن مشايخنا

Artinya : Dikutip dari Syaikh Ad Dairobiy bahwa sunah untuk dibacakan pada tėlinga anak, surat Inna Anzalnahu. Sėbab orang yang mėlakukan ini, Allah tidak akan mėnakdirkan dia zina sėpanjang hidupnya. Ad-Dairobi bėrkata, dėmikianlah yang kami dapat dari para guru kami. (Lihat Ibrahim, Al Bajuri, [Bėirut: Darul Kutub Al Ilmiyah], v:2, h: 572).

Kėsimpulannya, bagi anak yang baru lahir dari rahim ibunya, sėlain dibacakan adzan pada tėlinga kanan dan iqamah di tėlinga kiri juga pėrlu dibacakan surat al-Qadr pada tėlinga bagian kanan.

Adapun yang mėmbacakan tidak harus ayahnya sėndiri. Tėrbukti, kėtika lahirnya Husain, bukan Sayyidina Ali sėbagai ayahnya yang mėmbacakan adzan namun justru orang paling mulia dari antara mėrėka, yaitu Rasulullah SAW yang tidak lain adalah kakėknya. Wallahu a’lam.